Kamis, 22 November 2012

Teenflash : Tips Internet Sehat




Zaman yang serba modern ini, siapa siih yang nggak  tahu internet?
Browsing, facebook, twitter, googling, pakai apa coba kalau nggak  pakai internet?? Semakin banyak kita tahu dan pakai internet, semakin banyak juga pengetahuan yang kita dapat dari berinternet ria tersebut. Ngga jarang juga kita nemuin hal-hal yang belum seharusnya kita mengerti.
Oke sobat Teenflash, di rubrik kita kali ini kita bakalan kasih tips gimana caranya make internet secara sehat.. Are You ready? Cekidot!!
            Guys, sebelumnya kita jelasin dulu internet itu secara singkat..

Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Ini adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, internet adalah komputer jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisir di seluruh dunia melalui pesawat telepon atau satelit. Nah, dari sini udah ada bayangan kan internet itu luas and berjubel-jubelnya kayak apa..  namanya aja WorldWideWeb.

Dengan internet, kita dapat mengakses apapun secara bebas mengenai informasi apapun yang kita inginkan mulai dari berita, pengetahuan, sampai jejaring sosial yang sedang marak di kalangan remaja. Contohnya Facebook, Twitter, Netlog, siapa sihh yang ngga kenal mereka?? Jangan ngelak kalian ngga  kenal! Hehe..

      Penggunaan Internet itu tergantung bagaimana dan untuk apa kita menggunakan alat itu. Ini beberapa tips gimana memakai internet secara sehat:
Pertama, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran. Cari soal-soal, materi-materi yang mungkin lebih banyak kita dapat dari internet.
Kedua, jangan mengumbar atau memberikan data diri Kalian dengan mudah di Internet. Karena itu bakalan memicu kejahatan dunia maya. Seperti halnya penculikan yang saat ini jadi persoalan pelik pihak berwajib. Itu terjadi karena sang pemilik data diri terlalu mengumbar data-data mereka sehingga membuat si pelaku tergoda. Ngeri kan?
Ketiga, jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dsb. Baik digunakan untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak dan aturlah waktu sehingga tidak mengganggu aktifitas kita yang lain.
Keempat, tetapkan tujuan Kalian berinternet, jangan sampai keasyikkan membuka website-website lainnya yang membuat lupa waktu.
Kelima, sebaiknya gunakan internet untuk mengembangkan potensimu dalam menulis. Bisa melalui blog, notes, dan fasilitas lain yang menunjang potensi tersebut.
Keenam, hindarilah konten konten yang berbau pornografi dan sejenisnya.
Ketujuh, berpikirlah dulu sebelum memposting (Think Before Posting), supaya kamu tidak menyesal.
Nah, Guys, sekarang udah tahu kan tips-tips untuk berinternet sehat?? Gunakan internet sebaik-baiknya yya! Jangan sampai, fasilitas-fasilitas yang mestinya bisa memberi manfaat buat kita malah jadi sia-sia gara-gara kita gunainnya salah. Cukup sampai disini dulu ya.. sampai jumpa di tips-tips kita lainnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar